11 Agustus 2010

Resosialisasi Safety LPG ke Masyarakat


Kota Depok – Dewan Pimpinan Cabang Hiswana Migas Kota Depok bersama Gas Domestik Region II PT. Pertamina (Persero) dan Dinas Perindag Kota Depok sejak bulan Juli 2010 melaksanakan Resosialisasi Safety LPG ke masyarakat di Kota Depok. Hal ini diprogramkan DPC. Hiswana Migas Kota Depok sebagai upaya untuk lebih memberikan pemahaman keselamatan penggunaan LPG kepada masyarakat pengguna, Adapun yang memberikan Resosialisasi dan edukasi penggunaan LPG yang benar dan aman disampaikan oleh Sales Presentatif (SR) PT. Pertamina (Persero) Gas Domestik Region II untuk Wilayah Kota Depok Didiek Riady sekaligus sebagai narasumber.
Narasumber memperagakan cara bagaimana menggunakan kompor LPG 3 kg untuk memasak yang aman dan benar, mulai dari cara pemasangan Regulator, pemasangan Selang penghubung, juga penggunaan dasar Kompor LPG.

Pelaksanaan Resosialisasi telah dilakukan secara Marathon di 4 Kecamatan yaitu:
1. GOR Futsal Rajawali Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong Kota Depok.
2. Perumahan Amjiattak Komplek Brimob Kelapa Dua, Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.
3. Pangkalan Yuli Fauziah Jl. Cagar Alam Rt. 03/08, Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.
4. Majlis Ta’lim Nurul Hasanah Jl. Mandor Tajir Rt. 003/05, Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

Peserta Resosialisasi yang hadir meliputi unsur dari Ibu Rumah Tangga, Anggota Posyandu, PKK dan Ibu – Ibu Majlis Ta’lim. Para peserta Resosialisasi dapat bertanya sekitar bagaimana memperlakukan Tabung LPG dan Kompor beserta aksesorisnya secara benar dan aman dan praktek langsung menggunakan kompor LPG untuk memasak.

Para peserta juga diberikan penjelasan penanganan jika LPG mengalami kebocoran. LPG adalah gas yang tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak beracun. Pertamina sengaja menambahkan Zat Merkaptan agar berbau. Jadi bila tercium bau Gas, segera buka semua ventilasi ruangan seperti Pintu dan jendela, tutup kran Regulator dan lepas Regulator dari tabung gas, demikian penjelasan Didiek Riady selaku Sales Representatif (SR) Gas Domestic Region II.

Salah satu peserta Nunung Yanto Selaku Sekretaris Majlis Ta’lim Nurul Hasanah Rt. 03/05 di Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok menyatakan, dirinya sekarang sudah paham dalam penggunaan LPG, termasuk apabila terjadi kebocoran setelah diadakannya Resoliasisasi ini.

Bila terjadi kebocoran yang penting jangan panik aja, lalu buka regulator dan jauhkan tabung dari aliran listrik atau bahan yang mudah terbakar,” ujar Nunung Yanto

Didiek Riady selaku Sales Representatif juga menunjukan ciri - ciri tabung LPG yang diproduksi Pertamina seperti tidak mengalami kerusakan/penyok, valve yang terbuat dari bahan kuningan/bronze, safety valve dalam kondisi baik, terdapat karet (Rubber Seal) pada lubang valve dan kondisi Rubber Seal harus tidak dalam keadaan robek (rusak).

Dijelaskan pula sejak dimulainya konversi sampai dengan saat ini PT. Pertamina (Persero) telah secara rutin melakukan kegiatan sosialisasi yang meliputi aspek pengenalan material konversi, tata cara penggunaannya, termasuk peningkatan awareness akan aspek safety dalam penggunaan LPG.

Resosialisasi tidak hanya ditujukan kepada masyarakat pengguna LPG, namun juga kepada lembaga penyalur resmi PT. Pertamina (Persero) seperti para Agen dan para Pangkalan.

PT. Pertamina (Persero) secara rutin melakukan pengawasan dan pembinaan ke lembaga penyalur, untuk memeriksa tabung LPG yang beredar serta memberikan pemahaman aspek keselamatan LPG.

Diharapkan, para Agen dan para Pangkalan tersebut dapat menjawab keraguan konsumennya dalam penggunaan LPG.
Langkah - langkah tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang berhubungan dengan penggunaan LPG.
Adapun PT. Pertamina (Persero) berkomitmen untuk lebih meningkatkan sosialisai cara penggunaan LPG yang benar dan aman, disamping juga tetap memperhatikan aspek - aspek HSE (Health and Safety Environment) serta Quality Control.
Adapun bagi yang masih belum jelas dalam penggunaan LPG, masyarakat dapat menghubungi Contact PT. Pertamina (Persero) di nomor 500 000.

DPC. Hiswana Migas Kota Depok dalam waktu dekat ini juga akan melanjutkan kegiatan Resosialisasi Pemasangan Aksesoris LPG secara benar dan aman di 5 (lima) Kelurahan yaitu Kelurahan Tapos dan Cilangkap Kecamatan Cimanggis, Kelurahan Pancoran Mas, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong dan Kelurahan Kedaung, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar